23 September 2010

PERUM.WAHANA HARAPAN DESA SETIA ASIH

Menjaga Kebersamaan dan Kekompakan di Lingkungan RT/RW
Sekretariat RT001/022 | September 12, 2010 pada 9:46 pm | Tag: Forum RT/RW 001/022 Perum. Wahana Harapan Bekasi | Categories: Uncategorized | URL: http://wp.me/pRgfW-2p

FORUM RT/RW 022 PERUM.WAHANA HARAPAN DESA SETIA ASIH
KECAMATAN TARUMA JAYA
BEKASI UTARA 17215


Mejaga Kebersamaan dan Kekompakan di Lingkungan RT / RW

Keberhasilan Negara menciptakan suatu harmoni kehidupan sosial yang baik di tengah masyarakat tidak dapat dilepaskan dari partisipasi setiap warga di lingkungan tempat dimana ia tinggal. Namun keberhasilan setiap warga untuk menghadirkan indahnya kebersamaan di lingkungan mereka juga tidak mudah dilakukan bila jajaran pengurus di struktur RT/RW tidak berfungsi sebagai moderator facilitator dan pelayanan yang baik bagi masyarakatnya.
Para pengurus di lingkungan RT/RW diangkat dan dipilih secara langsung oleh warganya. Ini berbeda dengan pejabat yang berada di struktur Kelurahan dan Kecamatan yang berstatus sebagai pegawai Negeri dan digaji oleh pemerintah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa jabatan di struktur RT/RW yang paling dominan sesungguhnya adalah pelayanan sosial kemasyarakatan. Namun peran mereka sebagai pengurus pada level tersebut yang bersinggungan langsung dengan masyarakat menjadi sangat urgen membantu suksesnya kinerja pemerintah di Kelurahan dan Kecamatan, walau mereka tidak mendapatkan gaji memadai sebagai wakil pemerintah.
Fungsi pengurus di struktur RT/RW yang tampak sederhana dan terkesan kerja sosial. Namun bila peran tersebut dilakukan secara optimal disertai proses pendampingan dan arahan dari Kelurahan atau Kecamatan, maka kerja sederhana itu akan menciptakan keseimbangan sosial yang dahsyat. Karena disinilah sesungguhnya ujung tombak sukses membangun harmoni sosial yang mantap sekaligus sebagai ruang implementasi nilai-nilai budaya Timur yang saat ini mulai ditinggalkan; gotong royong, tolong-menolong, tenggang rasa, toleransi, hormat menghomati dan lain sebagainya. Pada prinsipnya adalah membangun kebersamaan yang indah untuk dinikmati oleh setiap warga.
Sebagai seorang warga yang tinggal di salah satu lingkungan RT/RW wilayah Perum. Wahana Harapan Bekasi Utara, saya ingin memberikan apresiasi yang tinggi kepada pejabat RT/RW yang hingga saat ini tidak hanya sekedar menjalankan fungsi dan perannya sebagai perpanjangan tangan pemerintah, tapi juga sebagai mederator dan fasilitator (penggerak) berbagai kegiatan yang tumbuh subur di tengah masyarakat. Sejumlah bukti perlu saya kemukakan untuk memperkuat alasan tersebut:
a. Terselenggaranya roda kepemerintahan tingkat RT/RW.
b. Terjalinnya komunikasi dan kerja sama yang baik antara pengurus tingkat RT dan RW.
c. Nampaknya indikasi dan perubahan untuk memajukan lingkungan baik tingkat RT maupun tingkat RW.
d. Suport yang diikuti oleh peran serta masyarakat yang kian meningkat dalam rangka melaksanakan program-program yang telah di canangkan oleh pengurus RT dan RW dilingkungan Perum. Wahana Harapan.
e. Banyaknya kegiatan-kegiatan yang positif serta domokratif yang mengedepankan jiwa sosoalisme dari pengurus RT/RW sampai dengan level warga, itu membuktikan bahwa dari sejak mulai di bentuknya kepengurusan tingkat RT/RW kurang lebih pada tahun 1996 di lingkungan Perum. Wahana Harapan Ds. Setia Asih Kec. Taruma Jaya Bekasi Utara.
Itulah sekilas apresiasi saya kepada pengurus RT/RW Perum.Wahana Harapan pada umumnya dan saya juga memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Bp. Budi Pornomo SE mantan ketua RW022 (ketua Rw yang I) di lingkungan RW 022 Perum. Wahana Harapan.

Disusun oleh: CAMMAT[triscam.blogspot.com]
Email: sutrisno4444@ymail.com
Kirim saran dan masukan kepada kami di:
http://www.triscam.blogspot.com / www.gang-bocor.hostei.com
Diambil dari berbagai sumber.

NLOP tech
sams' life

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar anda pada BLOG milik aku