21 November 2016

Clytena Feel

Bahagia itu selalu ada dan banyak macamnya
kita hanya perlu bersyukur dan menyadari bahwa kita selalu memilikinya
meski hanya dalam bentuk paling sederhana.
Begitu kata orang-orang bijak. Tapi bukankah itu juga berarti penyangkalan
bahwa sebetulnya kita hanya diizinkan punya porsi terbatas untuk bahagia?

Kamu tahu?

Terkadang, cukup dengan melihatmu bahagia dari jauh, kutemukan bahagiaku.
Bahagia yang kucari, bukan sebab datang dengan maunya sendiri. Semu, memang.
Tapi setidaknya lebih baik daripada membencimu, bukan?
Bahagia ini seperti dipaksakan, aku tak lagi punya pilihan.
dan menganggap kamu kisah lama yang aku mesti lupa, aku belum pintar melakukannya.

Meski entah ini memang bahagia yang sesungguhnya
atau imajinasiku terlalu terlatih untuk mengada-ada?
Entah dengan melihatmu tersenyum aku juga merasakan yang sama,
 atau semuanya hanya karena aku tak lagi miliki pilihan?

Terkadang lucu, jika memang benar ada wujud bahagia seperti itu.
Padahal kalau boleh jujur, aku ingin bahagiamu yang dibagi denganku.
Kupandang sebuah pohon dengan tatapan penuh kagum.
Sebab, bagaimana bisa ia tetap berdiri tegak,
sementara melihat dedaunan yang selama ini dipertahankannya,
justru jatuh dan kemudian meninggalkan? 

Atau, ini hanya salah satu cara semesta untuk mengajarkanku menjadi lebih kuat?

Kuat itu aku, yang telah lama jauh terjatuh padamu, tahu sakitnya luka,
namun terus mengulanginya saja. Lemah itu kamu, datang sebab terluka, lalu pergi
sebab bosan dijaga.

Barangkali jika ada kekacauan di poros bumi dan semua hal jadi terbalik, aku baru paham caramu yang mudah pergi.
Pun, kamu kelak mengerti caraku yang keras kepala selalu menanti.
Lalu, aku harus ke mana? Tepatnya, aku harus bagaimana?
Menerimamu yang muncul tiba-tiba, dan merelakan begitu saja padahal ingin tak ada? Kamu ingin (si)apa? Seseorang dengan perasaan sekeras batu dan sikap sediam patung?

Sebab, bagaimana mungkin aku mampu untuk terus bertahan melihatmu semudah itu berpaling,
namun harus menjadi yang sangat siap ketika kamu tak menemukan sesiapa lagi untuk berbagi?
Barangkali sejak awal kita tidak seharusnya bertemu. Agar tak ada rasa yang bertamu, agar inginku tak melulu hanya kamu.

Barangkali sejak dulu mestinya kamu yang mencintai aku.
Biar aku jadi yang pintar berlalu,
biar aku jadi yang pura-pura lupa pernah sengaja menyakitimu.
Ah, tapi apa gunanya?

Jika kamu ada di posisiku, apa benar kamu tetap memilihku meski aku tak menoleh padamu?
Bahkan mengkhayalkannya saja aku tak berani.
Tak perlu kamu tahu sesakit apa aku,
yang kuperlu hanya kamu bilang iya untuk cintaku.
Paling tidak, aku sudah pernah mencoba untuk terjatuh,
meski bukan kedua tanganmu yang menangkap hatiku secara utuh.

Memang ada yang hancur dan tidak secara baik tertata,
namun paling tidak aku pernah tahu bagaimana rasanya jatuh cinta.
Meski yang kurasakan ialah tangis untuk keduanya, namun paling tidak aku selangkah lagi menuju masa yang belum ada dan penuh bahagia.

Yang perlu kamu tahu, tetap memilihmu bukanlah pilihan, itu keputusan.
Menyesal bukanlah bagianku, itu bagianmu jika kelak kehilangan aku.
Sebab aku berani bertaruh, belum pernah kamu menemu hati lain yang cukup gila terus menerus berkata bahwa menanti yang tak ada ialah bentuk lain setia.

Ingatlah, jika ia menyakitimu, jangan cari aku.
Sebab nanti, aku yang lebih dulu menemukanmu.

Jika tak kamu temukan aku, tetaplah jangan mencari.
Sebab barangkali yang ingin kamu temukan bukanlah aku,
melainkan dirimu yang lain, yang sejak lama ada padaku.

Maka teruslah jangan aku yang kamu cari,
hanya sebab kamu tak mau merasa sendiri. 

Kuharap saat itu aku telah cukup jadi egois,
dengan menutup rasa dari apapun yang kutahu bisa membuatmu menangis.

2 comments:

Terimakasih atas komentar anda pada BLOG milik aku