JURANGSARI ( From Backwoods To a City )

Kita Bagian Dari NKRI
Negara Indonesia
Propinsi Jawa Timur
Kabupaten Mojokerto
Kecamatan Mojosari
Desa Belahantengah
Dusun Jurangsari

Sistem Administrasi
KTP, Pernah terpikir pada saat kita menginjak usia 17 tahun kita diwajibkan memiliki NIK ( Nomor Induk Kependidikan ), Nah.. NIK tersebut dituliskan/ disebutkan dalam beberapa dokumen administrasi kependudukan salah satunya KTP ( Kartu Tanda Penduduk ). Sudah pernah melakukan pengurusan sendiri?. Kalau kita akan berkeluarga/ menikah, harus bisa. Bagaimana?.

Ada RT ( Rukun Tetangga ), sebut saja Pak RT kita datangi dan meminta Surat Pengantar mengurus KTP.. bla-bla-bla..... Jadi. #ohtidak...

Prosedur pengurusan KTP
RT : Surat Pengantar dari Pak RT
RW: Endors Surat Pengantar Tersebut ke Pak RW ( Sebut saja stempel dan tanda tangan pak RW )
Balai Desa: Pengumpulan surat Pengantar dan beberapa syarat yang sudah didapat dari RT/RW
Kecamatan: next step pengurusan ke Kecamatan, yang mungkin sudah ada sistem Pelayanan Satu Pintu.
Jadi Deh.... hehhe.

KTP salah satu dokumen dasar kita hidup di negara Indonesia, Pendataan nya sudah semakin canggih dengan adanya KTP elektronik. Identitas Ganda hampir tidak ada untuk sekarang ini. NIK sebagai nomor tunggal sebagai data kependudukan kita sudah berlaku secara nasional.
Mau Melamar/ Mencari Kerja perusahaan pasti meminta KTP, Mau melamar Pacar, Calon Mertua pasti menanyakan KTP nya mana. iya khan?

Politik-Ekonomi-Sosial-Budaya
Dimana-mana politik akan selalu ada, berkeluarga, bertetangga, Bekerja, Berpacaran ( akh PHP ).
Berasa ngga sich politik ada di Dusun kita?, Apa Hayo ?. 
pernah ada rasa pengelompokan warga saat akan diadakan pemilihan DESA? nah itu adalah salah satu wadah kita ikut yang namanya berpolitik. Si A mendukung Calon Kades Nanas, Si B mendukung Calon Kades Rambutan. Beda Dukungan tetapi tetap satu tujuan yah..

Ekonomi Dusun mayoritas usaha Batu Bata Merah dan Genteng dari tanah liat, Tetapi semenjak negara api menyerang pergeseran usaha sudah masuk beberapa perubahan seperti, Membuka Usaha, Warung kecil2an, Merantau ( Ya ... itu saya ). Dan ada beberapa perusahaan produksi yang sudah ada disekitar kita.

Sosialita makin eksis dengan adanya media sosial seperti Facebook, Instagram. Dan tak lupa juga akan perkembangan jaman yang memungkinkan jaringan internet yang semakin terbuka akan informasi dari luar dusun/desa/ bahkan dari negara api. Cikal bakal terbentuknya AJ Community.

Budaya kita ada banyak, dari main tanah dijadiin gunung, trus dipipisin, main congklak dengan menggali tanah di bawah pohon mangga, bikin kemah di bawah rindangnya pohon Bambu, Membakar belalang setelah musim panen padi, Bendan, dan lain- lain yang saya ingat dulu semasa kecil disana. Dulu kalau kepingin mainan yang tidak bisa kita beli kita bikin sendiri, hahha...

Kita adalah manusia terlahir secara baik oleh ALLAH SWT.
Kita adalah Masyarakat Dusun yang bisa menerima segala perubahan
Kita adalah Orang yang bisa membawa nama baik JURANGSARI
Kita adalah bagian dari NKRI

comment 0 protes:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar anda pada BLOG milik aku

====================================================================== ..
 
© NO LIMIT | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger